Sabtu, 08 Desember 2012

Mlampah-mlampah ten G.sumbing (3371m dpl)===> part siji(1)

Gunung sumbing merupakan gunung tertinggi ke 3 di pulau jawa & tertinggi ke dua di jawa tengah setelah gunung slamet,gunung sumbing adalah gunng yang puncak nya memiliki kawah yang masih aktif,dengan ketinggian 3371 mdpl gunung sumbing memberikan tantangan yang sangat menarik  bagi para pendaki,batuan terjal,tebing-tebing curam,savannah yang luas di antara tebing-tebing curam,angin yang kencang memberikan sensasi yang berbeda apabila mendaki gunung ini.
sebuah perjalanan yang memberikan kesan istimewa di hati,pejalanan penuh liku batu terjal,naik,turun,melipir,prosotan,jungkelitan dimana stamina harus memang benar-benar sehat jasmani & rohani(hehe)..sebuah perjalanan panjanggggg 3 hari 2 malam,perjalanan yang membuat hampir putus asa, dan dalam hati pun sempat bertanya-tanya sampai kapan akan berakhir.
Ada beberapa jalur apabila kita ingin mendaki ke puncak  gunung ini.jalur resmi nya berada di desa Garung-Wonosobo & jalur Cepit-Temanggung.namun ada juga jalur lain yang mungkin hanya sedikit orang yang biasa melewati jalur ini,yaitu jalur kali Angkrik-magelang.45 menit dari terminal Tidar kota magelang apabila kita membawa mobil pribadi,namun saya tidak tau rute nya gimana kalo naik angkutan umum,karna kebetulan saya dan rombongan menyewa mobil pick up untuk menuju kesana.sebuah perjalanan yang akan tersimpan rapi dengan sejuta kenangan dan berbagai tragedi,di awali tragedi pengairan & di tutup oleh Curcolan si mbah tentang SUSU JAHE.

Kamis 29 nov 2012,
masih  di kota tercinta Surabaya tepat nya di Medaeng City(kota perbatasan),tempat berkumpul arek-arek sekalian reuni para orang2 konyol yang kala itu jalan bareng di G.merbabu dengan sejuta aksi nyleneh nya..bashor,Rokkie,fery,dan tentunya saya.
hari sudah mulai sore di tandai dengan gemricik hujan yang membasahi jalanan aspal yang sedikit tergenang air,tapi bukan banjir.saya menunggu kedatangan sobat saya dari kota pisang-Lumajang yang sedang menuntut ilmu di kota dingin Malang,yang kali ini menjadi salah satu anggota team yang akan ikut melakukan pendakian menuju gunung Sumbing.setelah lama menunggu akhir nya sampai juga si Fery ke rumah saya,ya walau pun agak sedikit kemalaman di karenakan di kota malang sedang datang hujan gede.kita memang sudah janjian untuk berkumpul di rumah saya,yaaa..!!karna akses menuju ke Magelang memang lewat dari Terminal Purabaya yang sangat berdekatan dengan rumah saya.karna semua sudah terencana maka tanpa harus banyak mempersiap kan sesuatu saya & fery langsung berbelanja kebutuhan logistik yang memang kita sepakati ntuk berbelanja pas hari keberangkatan,Indomie,sarden & kopi adalah menu andalan kita makanan instant yang tak menggugah selera.setelah semua barang terbelanjakan,tak terasa dua sejoli si Bashor & rookie sudah menunggu di teras rumah dengan segala tingkah konyol nya..yaa..maklum karna mereka sudah lama tak bertemu.setelah bercanda dan mengisi perut yang mulai keroncongan kita pun mulai packing kebutuhan dan recheck semua peralatan.karna si Rookie sedang berhalangan untuk ikut,maka dialah harapan satu-satu nya untuk mengantar kan kami bertiga menuju terminal Purabaya.
Sekitar pukul 22.00 kami berangkat menuju terminal & di sana sudah menunggu dua orang lagi yang ikut bergabung dalam perjalanan ini,bang hendrik & Anwar.
Dari surabaya menuju magelang kita memutus kan untuk naik bus ekonomi yang mengharus kan transit dulu di jogjakarta,bus  yang hampir terasa seperti bus Eksekutif Bus SUMBER SELAMET reingkarnasi dari Bus SUMBER KENCONO yang legendaris.perjalanan memakan waktu kurang lebih 7-8 jam dengan tarif Rp 37.000,-,namun apabila kita mempunyai kartu langganan kita akan dapat diskon Rp 3.000,- (sesuai ketentuan yang berlaku) . keadaan malam dengan kondisi jalan yang sepi sanngat cocok bagi siapa saja yang mempunyai nyali tinggi untuk menguji adrenalin ketika menaiki Bus ini,jalan aspal dan berbatu dilahap habis oleh nya.salip kanan-salip kiri banting stir gas pol-rem pol..membuat perut tersa terkocok habis-habisan.tak banyak yang bisa di ceritakan di sini karna saya putus kan untuk berdoa dan tidur agar perjalanan ini di lindungi selamat sampai tujuan.

Jum’at 30 Des 2012,

ngeTEH dulu gan

Tepat pukul 05.30 kami sampai di Terminal Giwangan kota jogakarta untuk entah kesekian berapa kali nya,suasana yang masih cukup sepi dengan segala aktivitas terminal,dan beberapa warung nasi yang belum buka.ramah sapaan para pedagang yang menawar kan dagangan nya,sangat berbeda jauh dengan kondisi di terminal Pobolinggo.suasana sangat bersahabat sopan santun kami dapat kan di sini,pantas saja wisatawan yang datang ke jogja akan merasa sangat berat untuk meninggal kan kota ini.
setelah beristirahat sejenak di temani dengan teh yang hangat yang kami beli.setelah beberapa menit beristirahat kami pun langsung bergegas menuju ke magelang.

Dari jogja menuju magelang memakan waktu kurang lebih 1.5 jam,dengan menggunakan Bus dengan tarif yang relatif murah sekitar Rp 9.000,-.tak kalah menegangkan nya dengan perjalanan menggunakan Bus SUMBER SELAMAT,bus yang saya tunmpangi kali ini juga sedikit ugal-ugalan,jalanan halus rata di lahap tanpa ampun,tikungan tajam pun tancap gas,keadaan penuh sesak  para penumpang bukan alasan untuk sedikit memperlambat laju bus.setelah berdesak-desakan selama hampir lebih satu jam,kami pun sampai di terminal Tidar kota magelang,suasana hilir mudik para penumpang terlihat sepi,ya maklum karna terminal ini relatif kecil dan hanya sebagai tempat persinggahan para penupang.di sini kita sempat kan untuk sarapan karna cacing-cacing dalam perut mulai berdemo dan Berorasi.setelah semua terselesaikan kami berempat pun pergi meninggal kan terminal dan bergegas menuju toko Kang Saefudin.dari terminal menuju ke toko tidak lah jauh,kita hanya cukup berjalan beberapa ratus meter saja .
Sesampai nya di toko kita pun di sambut kehatan sang empu nya toko..Kang Udin,jabat erat kehangatan sahabat sangat terasa di sini,setelah lama tak bertemu kita banyak cerita2 tentang kekonyolan kita terutama si Bashor,karna dia lah yang paling ekstrim tingkah laku nya.stelah bercengkrama di area toko kita pun di persilah kan masuk untuk beristirahat dan membersih kan badan ngopi-ngopi,
Toko kang Udin
oh iya..Toko kang udin Bernama MAGELANG ADVENTURE outdorr equipment & rental
Jln. Jend Urip Sumoharjo - Canguk - Magelang
(belakang pos polisi/depan trafic light pertigaan canguk arah salatiga/gunung merbabu)
telp :085 643 677 737.
Jadi bagi siapa saja yang ingin mendaki Gunung-gunung di daerah magelang,silah kan saja mampir ke toko kang udin untuk menyewa segala peralatan standart pendakian denagn harga bersahabat dan atau hanya sekedar mampir dan berbelanja alat-alat pendakian dan kaos-kaos sovenir untuk oleh-oleh.(#sedikit promosi kawan).
setelah selesai beristirahat dan melaksanakan kewajiban sholat jum’at sembari menunggu anggota team yang lain kita pun cuci mata di depan toko kang udin,yang memang tempat nya sangat strategis,tempat lalu lalang orang yang akan menuju kota magelang.
dan tak lama kemudian datang tiga teman lagi yang akan melakukan pendakian ke G.sumbing,mbah pathox kang Yono & Mas Kamplik.

setelah semua anggota berkumpul dan mulai packing-packing barang bawaan,kami pun segera beranjak dari toko kang udin menuju perjalanan yang sesungguh nya…SUMBING MOUNTAIN(3371m dpl)..Yeaahhhhhh let’s gooo konco-konco…
dengan menggunakan mobil Pick up sewaan bang udin,kami perlahan meninggal kan toko kang udin,perjalanan yang mengingat kan saat-saat di mana kita sehabis turun dari gunung Merbabu..yaa..nge Gandol broo..NgeBONEK..hehe

perlahan namun pasti  perjalanan melewati alun-alun kota Magelang yang bersih dan rapi,jalanan yang naik turun menambah sensasi di hati,dan sedikit hujan menemani perjalanan kami.bebas lepas tanpa ada beban yang mungkin ada dalam pikiran kami.
desa Kaliangkrik
dengan canda tawa berbeda logat,di suguhi dengan panorama khas dataran tinggi,perkebunan penduduk dan tawa canda anak-anak pedesaan dengan permainan sederhana nya menambah nikmat perjalanan kami. Setelah satu jam perjalanan yang penuh denagan kenangan,kami pun sampai di desa mangli kecamatan kali angkrik.