Selasa, 27 November 2012

Kota Putra Sang Fajar (Makam Bung Karno)



Pagi yang sedikit gerah membangun kan saya pagi ini,yaa..maklum cuaca surabaya yang pas panas-panas nya minta ampun.di temani dengan kopi hangat saya mulai googling,dan ”sejarah bung karno” pun terketik di kolom search mbah google.stelah sedikit membaca & membaca sejarah tetang kisah beliau,terbesit satu keinginan untuk berkunjung ke tempat peristirahatan terakhir beliau dengan tenang,yaitu di kota Blitar.tanpa banyak persiapan & tanpa banyak buang waktu,langsung saja saya bergegas menuju terminal Purabaya-Surabaya sendiri tanpa teman,suasana ramai hilir mudik para penumpang menyambut saya kala itu.

Kali ini rute menuju ke Blitar saya tempuh Via Malang,jadi saya naik Bus menuju Malang(terminal Arjosari) – Blitar(Terminal bus kota patria),perjalanan memakan waktu ± 4 s/d 5 jam dari surabaya,jalur yang berkelok-kelok,naik turun dataran tinggi,mendominasi rute malang – blitar,di sepanjang jalur Malang – blitar kita akan melewatu saah satu bendungan yang ada di Jawa Timur,yaitu bendungan karang kates.

Siapa yang tak kenal bung karno??!!!Presiden pertama indonesia & salah satu bapak proklamator kemerdekaan negara kita,yang baru saja di beri gelar sebagai pahlawan nasional.

Kali ini saya berkesempatan untuk berkunjung ke makam Bung Karno yang terletak di Kota Blitar.
Salah satu kota kecil di Jawa timur,tempat sang proklamator bangsa kita beristirahat dengan tenang.
Suasana sepi dan sangat berbeda 180° dengan terminal Purabaya menyambut kedatangan saya di kota patria.tak banyak aktivitas di terminal ini,hanya ada beberapa bus dan angkutan umum yang lalu lalang.

Tujuan saya kali ini ialah Makam Bung karno yang terletak di kecamatan Sanan Wetan kota Blitar,dari terminal menuju makam tidak lah sulit,kita tinggal cari angkot yang langsung menuju makam bung karno..perjalanan kurang lebih 25 menit dari terminal menuju Makam bung Karno.

Gapura pintu masuk Makam
Memasuki komlek makam bung karno dimulai dari sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan. Dan sebuah Gong perdamaian terpajang di samping pintu utama.sebelum masuk ke komplek pemakaman,kita di wajib kan mengisi buku daftar tamu,untuk masuk ke area ini kita tidak di pungut biaya,alias GRATIS..
Bangunan utama disebut dengan Cungkup Makam Bung Karno. Cungkup Makam Bung Karno berbentuk bangunan Joglo, yakni bentuk seni bangunan khas masyarakat   jawa.  Makam Bung Karno di apit oleh kedua Orang Tua Beliau, di sebelah  kiri ada  Makam Ayahanda "R. Soekeni Sosrodihardjo" dan di sebelah kanan  ada Makam Ibunda "Ida Aju Njoman Rai".

Cungkup Makam Bung Karno diberi nama Astono Mulyo. Diatas Makam diletakkan sebuah batu pualam hitam bertuliskan :Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden  Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.
Pusara Bung Karno
suasana tenang,dan dengan khusuk nya doa para peziarah terpanjat kan lirih di area makam bung karno.
Taman di Komplek Pemakaman

Museum
Di komlek pemakaman ini terdapat pula museum dan perpustakaan yang menyimpan koleksi buku-buku bung Karno, berbagai foto dan lukisan bung Karno.mulai dari foto-foto Soekarno kecil dan sampai Sokarno yang kita kenal sebagai Sang Proklamator.


Di sisi belakang dari komplek makam bung karno terdapat pula para PKL yang menjual pernak-pernik souvenir khas dari makam bung karno,tempat yang tertata rapi,para penjual yang ramah akan menyambut kita.menawarkan dagangan nya dengan sopan santun yang khas Indonesia.

Sebenar nya masih ada satu lagi destinasi wisata yang di tawar kan di kota blitar,salah satu nya Candi penataran candi Hindu yang terluas dan termegah di jawa timur peninggalan jaman majapahit.
namun akses kendaraan menuju kecandi inilah yang mengurung kan niat saya untuk menuju kesini,karna sangat susah kita mencari kendaraan umum di sini,apalagi kalo waktu sudah sore.





“Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Pahlawannya”


Salam Lestari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar